Jumlah Sementara Rumah Rusak di Banyumas Akibat Gempa 93 Unit

BANYUMAS - Jumlah rumah yang rusak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akibat gempa bumi hingga malam ini bertambah menjadi 93 unit. Sebelumnya, tercatat 40 rumah rusak dan satu masjid roboh.

Meski sejauh ini demikian belum ada laporan korban jiwa. Dua warga menderita luka ringan karena tertimpa material bangunan rumah.

Kerusakan parah tercatat di tiga desa di Kecamatan Pekuncen, yaitu Desa Karang Klesem, Kranggan, dan Tumiyang.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, yang meninjau rumah-rumah yang rusak, Sabtu (25/1/12014) sore, mengatakan, ada dua kecamatan yang terdampak gempa. Selain Pekuncen, satu kecamatan lainnya adalah Karang Lewas.

Meski demikian, kata dia, kerusakan rumah di Karang Lewas, hanya sedikit, yakni dua rumah. Dua rumah rusak tersebut berada di Desa Sunyalangu dan Desa Babakan.

Sementara itu, Karsiti, warga yang rumahnya rusak, mengatakan, saat guncangan terjadi dia berada di dalam rumah. Kerasnya guncangan membuat perabot rumah bergetar dan lampu bergoyang.

Ia dan keluarganya langsung keluar rumah menyelamatkan diri. Meski rumahnya rusak parah, namun Karsiti bersyukur keluarganya selamat.

Seperti diketahui, gempa bumi tejadi pada pukul 12.14 WIB bertitik pusat di 8,48 derajat Lintang Selatan dan 109,17 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 48 kilometer. Koordinat tersebut berada di 104 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Kebumen.

(Saladin Ayyubi/Sindo TV/ton)